PSSI : Deposit Lima Miliar Belum Pasti


Kewajiban setiap calon klub professional Liga Indonesia untuk mendepositkan uang sebesar 5 miliar rupiah, masih menimbulkan perdebatan. Bahkan, Sekretaris Jendral (Sekjen) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Tri Goestoro, menyebutkan jika hal tersebut masih belum pasti.
Masalah deposit yang diapungkan oleh PSSI tersebut guna mewujudkan sepakbola yang professional memang banyak ditanggapi minor oleh klub peserta. Klub merasa ketetapan tersebut sangat memberatkan.

"Ada banyak pertimbangan yang kami lakukan mengenai deposit. Kami masih mempertimbangkannya," ungkap Tri Goestoro kepada Bola,net di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Jumat (12/8).

Selain ketetapan deposit masih belum dapat dipastikan PSSI. Tri Goestoro nyampaikan jika penetapan deposit sampai 5 milyar rupiah, bisa diganti dalam bentuk aset klub atau bank garansi. Jadi ketentuan klub dengan level satu yang mencapai 5 milyar dan level dua dengan 2 milyar, tidak sepenuhnya harus diselesaikan dengan uang tunai.


"Deposit 5 milyar rupiah memang bukan ketentuan AFC. Itu ketentuan yang kami buat atas persetujuan AFC," paparnya.

Beratnya masalah deposit juga disampaikan oleh Ketua Umum (Ketum) Persija Jakarta, Ferry Paulus. Ferry berharap agar ketetapan tersebut sebaiknya ditinjau ulang oleh PSSI.

"Deposit memang jadi satu hal yang masih mengganjal buat kami. Apa lagi, dalam workshop yang diadakan PSSI beberapa waktu lalu, menempatkan Persija diposisi terburuk soal kesiapan tim," papar Ferry.

Selain persooalan deposit, ketetapan marger antara klub Indonesia Super Liga (ISL) dan klub Liga Primer Indonesia (LPI), ketentuannya juga masih dibicarakan. Tri Goestoro berpendapat, tidak bisa dipaksakan tetang ketetapan marger tersebut. Karena, semuanya harus melalui beberapa proses. "Yang disatukan adalah klub-klubnya. Tapi, tidak bisa langsung disatukan. Karena ada beberapa proses yang harus disepakati," kata Tri.

"Jika akhirnya tidak ada titik temu soal marger, menurut saya tidak harus pusing dengan status. Mungkin dia bisa melakukan hal-hal lain yang masih berkaitan dengan dunia sepak bola," tutupnya. (esa/fjr)


SOURCE : bola.net

0 comments:

Post a Comment

Google Website Translator Gadget